STORY TELLING Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kota Bogor

Story Telling adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada pendengar, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto maupun suara. Story Telling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak, tehnik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengarkan secara menyenangkan.

Dalam rangka menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media, untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun karakter, serta menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak akan budaya nusantara melalui dongeng, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bogor mengadakan acara Story Telling (mendongeng) yang telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019 bertempat di Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi) Kota Bogor dengan 300 anak perwakilan dari 5 Sekolah Dasar yang ada di lingkungan sekitar Taman Topi. Dengan pendongengnya adalah Kang Didin.

                                                   Kang Didin dan Peserta Story Telling

 

Story Telling ini disambut sekaligus dibuka oleh Bunda Literasi Kota Bogor yaitu Ibu Yane Ardian Bima Arya, dan ada Budayawan Kota Bogor yaitu Bapak Rakhmat yang menjelaskan  Catatan Kecil tentang Kota Bogor kepada peserta Story Telling. Tamu undangan juga yang hadir dari Perwakilan Dinas Pendidikan, Perwakilan dari Kecamatan Bogor tengah, Perwakilan dari Kelurahan Paledang, dan dari Humas Setda Kota Bogor.

                        Sambuatan sekaligus membuka acara oleh Bunda Literasi Kota Bogor

                                  Bapak Rakhmat sedang bercerita tentang Kota Bogor

Adapun pendongeng disini untuk mengajak mereka terlibat langsung dalam membangun pemahaman terhadap ide dengan bahasa mereka sendiri, diharapkan dapat tercipta hubungan yang baik dengan anak-anak sehingga mereka dapat lebih menerima ide pemikiran pencerita. Dalam Story Telling kali ini peserta dapat menceritakan kembali apa yang pendongeng ceritakan dengan kata-katanya sendiri. Yang ceritanya bagus tentu akan mendapat bingkisan dari panitia untuk beberapa peserta.

                                    Peserta dengan ringkasan yang terbaik dari yang baik

Kontak Kami

Alamat Kantor :
Jl Medika 1A No.03 Perum. Bumi Menteng Asri Bogor Barat 16111, Jl. Pemuda No. 2 (Komplek GOR Padjadjaran)

E-mail :
diskarpus@kotabogor.go.id

No Telepon :
0251-8380247